Coba cara digital marketing ini untuk genjot penjualan

Pandemic coronavirus benar-benar memukul hampir keseluruhan industri di Indonesia. Penyebarannya yang begitu cepat membuat pemerintah di Negara yang berimbas membatasi gerak penduduknya. Ada yang sekedar menerapkan social distancing / physical distancing bahkan ada yang tak segan-segan menerapkan lockdown agar penyebaran virus ini lebih cepat terhenti.

Hal ini mau tidak mau berimbas pada perputaran ekonomi. Tak ada lagi event, bazaar, pameran, konser, bahkan mall pun diliburkan sampai waktu yang tak dapat di tentukan. Dengan dibatasinya mobilitas masyarakat, pelaku usaha yang mengandalkan penjualan langsung / offline pastinya mengalami penurunan drastis dalam penjualan.

Mau tidak mau, kamu harus mencoba untuk berjualan secara online. Ya, mungkin sebagian dari kalian sudah mencoba untuk berjualan lewat social media seperti di facebook atau instagram. Dan mungkin juga sudah ada yang coba berjualan di marketplace. Nah cara-cara digital marketing dibawah ini juga bisa kamu coba agar penjualan kamu meningkat.

1. Jaulan di Marketplaces

Tidak bisa dipungkiri bahwa tempat jual beli paling aman adalah di platform marketplaces yang menyediakan fitur rekening bersama. Dan ini sudah menjadi syarat mutlak sebagian besar calon pembeli biasanya akan melakukan pembelian di marketplaces yang memiliki fitur rekening bersama tersebut. 3 marketplaces terbesar di Indonesia saat ini adalah shopee, tokopedia dan bukalapak. Selain itu juga pembuatan akunnya sangat mudah dan gratis.

Jadi sebelum kamu melanjutkan ke tips berikutnya, ada baiknya pastikan kamu lebih dulu meng-upload produk kamu di marketplaces tersebut.

Karena tips berikutnya adalah untuk menjaring calon pembeli. Sedangkan closing penjualannya akan diarahkan ke marketplaces. kalaupun tidak kalian arahkan, biasanya si calon pembeli yang akan langsung minta untuk pembeliannya lewat marketplaces.

Facebook-Marketplace

2. Facebook Marketplaces

Dari sekian banyak orang Indonesia yang main facebook, tak banyak yang tau bahwa facebook kini memiliki fitur yang disebut Facebook Marketplace yang dapat di akses di Facebook.com/marketplace

Tentunya ini adalah marketplace yang berbeda dari shopee, bukalapak dan tokopedia.

Tapi apa yang menarik adalah penayangannya yang location based atau berdasarkan lokasi sehingga iklan kamu akan tayang ke orang-orang lokasinya di dekat kamu tanpa harus add friends terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, kamu cukup akses menu facebook marketplace dari handphone atau lewat link facebook.com/marketplace

Upload foto produk dan berikan deskripsi produk dan masukkan lokasi serta nomor handphone. Setelah kamu submit, maka iklan kamu akan tayang pada orang-orang terdekat yang sedang mengakses facebook marketplace.

3. Fitur Highlight OLX

Sebagian dari kalian mungkin mengira bahwa OLX sudah mati. Tapi, maaf, saya harus akui bahwa dari seluruh iklan saya yang berjalan saat ini, iklan di OLX adalah yang paling efektif mendatangkan banyak pembeli.

Saat ini OLX menganut sistem yang sama seperti facebook marketplace yaitu location based atau iklannya di tampilkan berdasarkan jarak terdekat.

Jika saat ini kalian buka OLX, maka pada halaman awalnya langsung tampil iklan dari penjual-penjual yang jaraknya tidak jauh disekitarmu.

Selain itu OLX punya fitur iklan yang saya katakan sangat murah dan sangat bagus, yaitu fitur highlight. Dengan fitur ini, iklan kita akan di highlight dengan warna kuning dan akan selalu tampil sebagai rekomendasi.

Caranya adalah, submit dulu produk kalian seperti biasa, upload foto, deskripsi, harga. Kemudian iklan kalian akan dimoderasi untuk beberapa saat.

Jika sudah disetujui, akan ada opsi “Jual Lebih Cepat”.

Disinilah kalian akan mendapatkan penawaran fitur hilghlight iklan. Kalian bisa tentukan ingin penayangan iklan berapa lama?  3 hari, 1 minggu atau 1 bulan.

Harganya pun mulai dari 30rb. sampai 300rb per bulan.

Google-My-Busines-1-1024x471

4. Google My Business

Kalian pernah gak sih, datang ke tempat baru tiba-tiba kalian pengen makan sesuatu? misalnya bakso. Karena gak tau daerah itu, akhirnya kalian buka google terus ketik “bakso dekat sini” kemudian akan tertampil penjual-penjual bakso yang jaraknya berada di dekat kamu.

Nah penjual-penjual yang tampil dalam pencarian di google ini adalah mereka yang mendaftarkan tokonya di google my business.

Caranya mudah banget. kamu bisa akses

https://www.google.com/business/

Kemudian daftarkan toko kamu, lokasi, dan kontaknya.

Tips agar lebih efektif, mintalah orang-orang terdekat dan pembeli kamu memberikan rating dan review positif. Dengan begitu toko kamu akan lebih sering tampil menjadi rekomendasi. Pendaftaran google my business ini sepenuhnya gratis.

Facebook-Vs-Instagram-Ads

5. Facebook dan Instagram Ads

kalian pasti pernah lagi scroll-scroll timeline atau swipe-swipe story tiba-tiba muncul iklan akun yang kalian gak follow dan ada tulisan “Bersponsor”. Ini adalah fitur iklan dari Facebook Ads. Kenapa saya hanya sebut facebook ads, karena instagram adalah grup facebook dan iklan tersebut sebenarnya dijalankan oleh facebook.

Facebook dan Instagram Ads sendiri bisa saya katakan adalah iklan yang cukup “murah” jika dibandingkan dengan jumlah penayangannya.

Sebagai perbandingan, Rp. 1jt di facebook ads bisa tampil ke sekitar 20.000 pengguna sedangkan Rp. 1jt pada google adword mungkin hanya mendapatkan 200 klik.

Untuk membuat iklan, baik di facebook/instagram, yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Membuat Pages di Facebook.
  2. Buat lah 1 post, bisa berupa gambar + text, atau video + text. Kemudian Upload.
  3. Setelah berhasil di upload akan ada tulisan Boost Post, klik.
  4. Kalian akan diminta mengisi kemana iklan ini akan di arahkan, bisa ke nomor whatsapp atau bisa isi link marketplace agar mereka langsung beli disana.
  5. Tentukan target, ingin di daerah mana, user dengan jenis kelamin apa, dan usia berapa.
  6. Tentukan budget. Mulai dari 10rb / hari. semakin besar biaya kalian maka jumlah penayangannya juga semakin besar.
  7. kemudian terakhir akan diminta memasukkan nomor kartu debit/ credit. Untuk kartu ATM, sejauh ini yang saya tau adalah kartu ATM bank Mandiri dan Jenius/BTPN yang ada logo Visa.

Iklan pada facebook ads ini kalian juga bisa pilih untuk di jalankan juga pada instagram dengan klik “penayangan otomatis“.

Namun jika kalian hanya ingin menjalankan iklan di Instagram, pastikan akun kamu sudah menjadi akun bisnis, kemudian cukup upload post di instagram kemudian klik boost post dan ikuti langkah seperti pada facebook ads.

6. Membuat Website

Website adalah ibarat rumah bagi bisnis. Memiliki website bisnis juga menunjukan kredibilitas usaha kamu.

Dengan memiliki website, bisnis kamu akan lebih dipercaya. Karena akan menimbulkan asumsi bahwa untuk membuat website saja kan harus “Bayar”, pastilah ini bisnis yang lebih bisa di percaya.

Padahal biaya mumbuat website untuk skala UKM sebenarnya tidaklah terlalu mahal.

Untuk biaya domain .com sekitar Rp. 120rb / tahun

Sedangkan .id sedikit lebih mahal di kisaran 275rb per tahun

kemudian biaya hosting 2Gb biasanya 300rb pertahun

Hanya dengan beli domain dan hosting ini sebenarnya sudah cukup untuk membuat website kamu tayang jika kamu bisa design web sendiri.

Namuan jika kamu tidak bisa mendesign sendiri, kamu bisa menggunakan jasa webdesign dengan biaya bervariasi. Sesuai dengan fitur yang kamu inginkan.

Kelebihan dari website sebagai rumah sendiri adalah kamu bisa customize dan lakukan apapun yang kamu suka.

Bagi kamu yang usahanya berimbas corona, dan berusaha pivot ke bidang yang sedang high demand, misalnya perusahaan kain yang pivot untuk memproduksi masker. kamu pasti mengalami masalah akibat pembatasan pada keyword iklan yang di terapkan oleh marketplace dan sosial media.

Itulah resiko jika kita terus-terus jualan di tempat orang lain..

Maka mulai dari sekarang, bangunlah RUMAH sendiri.

Selain itu juga, dari website sendiri, kamu akan mendapatkan database pengunjung yang bisa kamu jadi evaluasi dan retargeting iklan selanjutnya.

“Pelaut tangguh tak tercipta dari lautan dangkal”

Anggaplah pandemic coronavirus ini sebagai cobaan bagi kita semua untuk menuju step yang lebih tinggi.

Semangat selalu wahai pengusaha!

No products were found matching your selection.